Sabtu, 12 Mei 2012

PERPILEMAN [part 1]

Hmm, hehehe betewe.. ini judul ada tambahan "part" bukan berarti cerbung ya hehehe (?)

Ngomong-ngomong, rasanya sudah lama sekali sejak postingan saya yang terakhir. Gila. Blogger macam apa saya ini? -_-v. Tapi, ya memang mau gimana lagi.. minggu-minggu kemarin itu kan saya sibuk gelaaa.. syuting, manggung, pemotretan, penggalauan.. oke diam. saya tau kalian tau bahwa saya memang baru saja berdusta. Eh, tapi yang sibuknya emang beneran sibuk kok.

ANYWAY, ini kenapa jadi ngomongin alasan saya ga ngeblog ya -_-

Jadi gini, dalam postingan saya kali ini, saya mau bahas tentang tugas akhir saya yang bikin pameran itu :D sebenernya agak males sih, soalnya.... hmmm saya sendiri sekarang jadi agak bete kalo udah bahas pameran, secara keseluruhan intinya aku nggak puas. Kenapa? Oke belum saatnya bahas yang ini -_-v. Tapi karena di postingan waktu itu saya udah janji bakal bikin ceritanya dalam 3 part.. yah apa boleh buat. monggo saja lah.

Oke! Untuk part 1 ini aku mau bahas tentang tugas saya dalam pameran ini :D, seperti yang sudah saya bilang di postingan sebelumnya, aku ini dapet jabatan Sie Pemilihan Karya sama Sie Publikasi khususnya dalam pembuatan pamflet.

Oh ya, kalau nggak salah di postingan sebelumnya aku belum bilang apa tema pameran kelas saya ya? Hehehe,  iya tema pameran saya itu "PERPILEMAN" hehehe, nggak.. emang perPILEM kok.. bukan perFILM soalnya Perpileman itu singkatan dari "Pameran Sepuluh Sembilan Emang Apik Tenan". Hehehe iya emang agak maksa sih, dan.. ya say` tau itu "Apik Tenan"nya narsis abis -_-.

Oke back to the topic.

Untuk Sie Pemilihan Karya ada 4 orang.

Pemilihan Karya disini bukan berarti kita disuruh milih karya anak-anak sekelas yang bagus dan layak pameran yang mana, melainkan kita... diberi tanggung jawab untuk menjaga SEMUA karya-karya anak sekelas biar gak ilang. Karena yang akan dipamerin nanti emang semua karya kita sekelas. Empat orang ini-Fahmi,Saya,Marisa,Pidi tugasnya dibagi, Fahmi tanggung jawab untuk karya-karya absen 1-11 saya absen 12-20 dsb.

Menurut suruhan guru pembimbing, karya-karya 2D kayak Visualisasi 4 unsur, sama Batik Kontenporer itu kudu dibingkai pake karton item. Nah problemnya disini adalah, kita kerjanya emang lambat buanget gitu.. Nyuantai sampai gak selesai-selesai. Fahmi dan temen-temen lain udah garisin + motongin kartonnya karena disini saya ga jago urusan garis-menggaris-_- Tapi ya gitu nggak selesai-selesai.

Padahal ya, Sebelum tugas kita selesai Sie Katalog ini nggak bakal bisa gerak. Jadi akhirnya aku.. (ya, Aku bukan Kita) kerjanya ngebut banget, aku di terror Si ketua kelas rangkap ketua pameran untuk nyelesain membingkai semuanya dalam sisa malam yang ada waktu hari itu!




Gilaaaaa, dia memang sudah gilaa! Serius, gila abis! Kebetulan emang karya tanggung jawabnya Marisa sama Pidy ketinggalan di rumahku, jadinya tugas yang harusnya dikerjain berempat ini aku semua yang ngerjain! ada 54 dari 72an karya yang aku kerjain (nempel karton biar jadi bingkai), untungnya Si Ketua ini dateng bantuin saya, gila dia dateng sendirian malem-malem! Padahal sebenarnya aku kurang mempercayakan dia *krik abisnya dia agak-agak -_-V tapi ya saya berterima kasih sajalah setidaknya dia masih mau membantu, nggak cuma sekedar nyuruh aja. Dia pulang jam setengah 10 malem setelah dapet sindiran dari Pak Watson berulang kali. Maaan, dia cowok lho.. kerumah cewek sampe jam segitu mau dipites apa gimana -_- Tapi ya dengan tampang innocent-nya ini rasanya dia nggak merasa bersalah pulang malem dari rumah saya -_---

Waktu itu tugasnya belum selesai semua sih, nggak sanggup saya. Tapi ya lumayanlah. Pokoknya akhirnya tugas itu bisa saya selesaikan juga :D, nah untuk Marisa sama Pidy ini saya meminta tolong mereka untuk tanggung jawabin tugas membersihkan kendi sama glass painting. Buat karya yang lain kayak Batik Jumputan, aku serahin ke Marisa buat dia simpen, dan Karya topeng yang sempet nginep berhari-hari dirumah saya, saya serahin ke Pidy. Semua impas deh :D, Fahmi? Oh, tenang saya maklumi Fahmi.. karena Fahmi sendiri juga rempong sama dekorasi maklum, anak Sie Dekorasi sekaligus Konseptor. Toh, dia ngerjain karya-karya tanggung jawabnya sendiri :D

Pokoknya Alhamdulillah, tugas pemilihan karya ini bisa selesai sehingga Sie Katalog bisa mulai bekerja. Yay!

Untuk Sie Pamflet ada 4 orang.

Seperti yang sudah saya bilang, jauh-jauh hari itu kita kerjanya suantaai banget aras-arasen-_-v Saya juga yang nggak kerja-kerja.. palingan iseng-iseng desain pamflet dengan coret-coretan kasar.

Nah niatnya sih ya setelah saya desain beberapa pamflet yang saya mau, saya tinggal kasih ke salah satu teman saya panggil saja dia Jimmy yang jago IT itu. TAPI you know what -_- aku juga nggak tau, tapi lhoo.. haa aku nggak tega bilangnya, oke.Jadinya aneh, tidak sesuai harapan. Bahasa kasarnya itu... Alay. Rasanya sense of art-nya dia itu..... (q) banget. -_____-v

Akhirnya saya berusaha menyusun pamfletnya sendiri, kalau boleh jujur sih ya, saya sama sekali belum pernah benar-benar mengoprasikan software bernama "Photoshop". Serius. Padahal saya anak Web Design lho -_- Dan berhubung dua rekan saya yang lain itu juga sama-sama nggak bisa pake photoshop, dan anak-anak satu kelas juga nggak ada.. jadi yah... gueh yang bikin.

Ngaku. Emang nggak gampang! Serius, apalagi saya ini pemula, saya banyak dapat refrensi dan bantuan dari tetangga (cieh genta punya tetangga!! XD(?)) banyak tehnik atau pencerahan-pencerahan yang saya terima. Salah satunya...

"Dalam design itu baiknya bikin shapenya sendiri, jangan ambil gambar bikinan orang lain"

*Nelen ludah,* ya, aku mengerti sekali apa yang ia maksud. Jadi setelah saya mencoba bikin dengan kemampuan super duper pas-pasan akhirnya saya membuat satu pamflet. Saya tunjukin ke anak-anak.. katanya bagus, ya lumayan walau masih ada yang "ngggh" kurang greget gitu. Jadi ya akhirnya galau deh.

Tapi youu know whaaaatt???

MUSIBAH. BENCANA. Atau apaaapun itu namanya datang.

Harddisk lepi saya diformat mas gara-gara ada virus dan SEEEMUA. iya SEMUA. SEMUAAANYA yang ada di lepi saya. HILANG!

Serius, karya, tugas-tugas, ppt, foto-foto kenangan, segalanya kehapus. itu.. gaaah saya nangis lho -_-

Waktu itu semangat saya langsung drop, nggak tau gimana caranya mau bikin pamflet. Serius. Putus asa, padahal guru seni saya udah ngomel-ngomel dan ngancem diskualifikasi kelas kita biar gak ikut pameran sekalian.

Akhirnya dengan muka melas sekali saya ngobrak-ngabrik rekan saya Sie Pamflet yang satunya panggil saja dia Desy, buat nggak mau tau gimana caranya dia harus gambar pamflet. Yep, nggambar. Ini memang "Plan Z " yang saya rencanakan kalau saya sudah mentok nggak bisa bikin, karena apa.. nyatanya temen saya yang jago IT itu gondok, gak mau bantuin gara-gara sakit hati saya ejekin "nggak punya nilai seni". -__-. (Astaga mik, sumpaaah aku khilaf, nggak bermaksud gitu juga, saya masih tetep butuh bantuan kamu sebenernyaaa). 

Jadi akhirnya pamflet saya ini hasil gambaran Desy yang super kereeen dan unyu itu yang kemudian discan, lalu saya warnai dan edit digital dengan photoshop. Kerja keras sekali, jadinya kalo ditotal mungkin... 5 harian deh.. ini aku relain begadang cuma buat mewarnai dan ngedit-ngedit pamflet. Yang jelas, Alhamdulillah jadinya meeeemuaskan sekali. :D mau tauu? :3

80%-an jadi

setelah di scan
and... this is it!!

emang ada beberapa yang cacat, tapi saya baru sadar setelah dicetak. sial -_-

gambar: Desy Anggraini
editor : Genta Rachmawati P


nb: btw pamerannya itu diundur lho jadi paling terakhir jadi tanggal 9 mei -_- padahal pamflet udah dicetak, jadi terpaksa kita tutupin pake spidol marker item trus ditulisin pake spidol emas sama putih :D



Perjuangan nggak berhenti sampai disitu saja. Harusnya sih tugas saya memang sudah selesai ya, tapi.. tidak. Saya masih harus membantu teman-teman saya.

Sie ID Card saya juga nggak bisa sotosopan, jadi saya mencoba membantu membuatkan digitalnya, biar mereka yang ngeprint dan ngelanjutin. Terus, Sie Katalog juga.. sebenernya mereka bisa tapi gara-gara satu anggota mereka si Jimmy juga yang jago IT itu memang jadi nggak mau bantuin, apa boleh buat saya turun tangan dan bantuin mereka. Setelah membagi-bago tugas dengan dua rekan saya yang lainnya Alhamdulillah Katalognya jadi dengan sangat memuaskan. Keren :3
foto-fotonya yang bagus di kameranya temenku tapi, ntar deh aku upload :D sekarang yang ada aja~



l:belakang r: depan


Isinya kira-kira seperti ini: 







Cover depan dan belakang : Mahdania Ratri P
Ide isi, Penataan : Genta Rachmawati
Background: milik orang banyak dipenjuru dunia yang saya tidak tau pastinya siapa saja
Operator: Mahda,Genta, Endlys




Terus ada lagi desain undangan, aku nyaris lupa kalo itu sepaket sama pamflet, dan aku bikinnya akhir-akhir dalam semalem saja. Sebenernya aku mau minta tolong satu rekan saya di Sie Pamflet juga si ridok a.k.a Ridha, tapi kompinya lagi sakit, jadi ya akhirnya saya juga yang mengerjakan. Sebenernya aku nggak tau tulisannya harus gimana aja -_- ya akhirnya mengarang indah pun jadi.












Itu modelnya lipetan gitu deh, buat wujud nyatanya fotonya menyusul deh :D

Oh ya, buat souvenirnya kita kasih stiker. Saya juga yang bikin dengan tak lupa bantuan arahan anak-anak :D



Pokoknya begitulah hehehe .__.
Tuh bener kan saya sibuk akhir-akhir ini. Kalau bukan karena pameran ini mungkin saya nggak bakal kenal dan bersahabat sama photoshop, kalau nggak ada pameran mungkin saya nggak bakal pacaran sama lepi saya huehehe ._.

Terakhir. BIG THANKS TO:

Allah SWT untuk segala kemudahan dan kelancaran serta berkahnya. Terima kasih karena sudah menemani saya dalam beraktivitas :3
Mbak Pipit karena telah merelakan lepinya untuk saya gondol kemana-mana.
Mas Vani : karena telah memformat segalanya -_- yang akhirnya memotivasi saya untuk bekerja lebih baik lagi :D
Orang Tua: Untuk perhatiannya setiap saya lembur >.< maaf kalo saya suka pasang tampang bete waktu disuruh tidur, maaf juga kalo tagihan listrik jadi jebol gara-gara saya (nggak tau sih, tapi.. who knows?)
Alocitta: Tetangga sebaya anak smala yang baru saya kenal beberapa bulan yang lalu, huahahaha ya ampun tanpa bantuan kamu aku nggak ngerti gima harus mengoprasikan sotosop XP
Desy : Untuk gambarannya yang suuupeeer kereeen, serius aku nggak bakal bisa gambar kayak pamflet itu XD
Okik: YEAAH, semuanya nggak bakal jadi tanpa okik. Karena okik ini yang belain muter-muter se-Surabaya buat nyari tempat percetakan yang bagus + murah. Nggak ada dia, semua yang saya buat nggak bakal jadi tercetak muahahaha :D
dan semuaaanya yang secara langsung maupun tidak membantu saya yang nggak bisa saya sebutin satu-satu lagi. tanpa kalian saya juga nggak bakal bisa bikin begituan. serius. terima kasih karena sudah mempercayakan saya. maaf sekali kalau ada salah-salah kata dan perbuatan. .___.


Sekian aja deh buat postingan kali ini, sudah panjang sekali tampaknya -______- jangan-jangan udah pada tidur ini. Makasih aja lah yang bersedia baca sampe akhir sini. semoga bisa dijadikan refrensi. Pokoknya jangan diplagiatin ya, itu bikinnya susah  T-T (kayak ada yang mau plagiatin aja XD)

Pokoknya see you di postingan selanjutnya! kalo mau sih muahaha -u-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...