Rabu, 14 Agustus 2013

Evergreen - Prisca Primasari

Hai! Sebelumnya saya mau bilang kalau disini saya bukannya mau meresensi haha, karena saya masih nggak bisa nyusun resensi dengan baik dan benar XD Saya cuma mau curhat aja sih..
***

Prisca Primasari adalah salah satu penulis yang karya-karyanya selalu saya tunggu. Ingat dulu pertama kali saya baca bukunya, Eclair, dan saya tulis di blog juga? Haha. Sebenernya saya belum tuntas baca semua karya dia yang udah terbit sih, agak sarap sebenernya satu tahun dia bisa terbit 2 buku. Dari sekian karya Prisca: Eclair, Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa, Beautiful Mistake: Chokoreto, PARIS:Aline, Evergreen, saya baru baca Eclair, Chokoreto sama Evergreen. HAHA! dan sekarang lagi nabung buat beli buku-buku lainnya!

Walau begitu, saya udah dibuat suka dari awal saya baca Eclair. Seperti dulu saya bilang, saya suka diksi yang ditulis Prisca, baku tapi ringan, ringan tapi nggak garing, ringan tapi berisi. Kayak buku terjemahan, macem baca-baca buku Jepang gituh haha.. dan lagi dimana pun setting yang dia berikan selalu ada guyonan-guyonan khas Jepang yang selalu aku suka! #IfYouKnowWhatIMean ;) (biasanya yang suka nonton anime sama dorama, sadar). Makanya itu saya nggak bakal merasa rugi baca bukunya Prisca haha.. Soalnya walau saya ini bukan "Kutu Buku" banget, saya itu suka alay sendiri kalau baca buku, beberapa buku saya baca walaupun mungkin bagus tapi kadang kurang memuaskan, beberapa malah berhenti di tengah jalan gara-gara gakuat sama diksinya: mungkin terlalu lebay, terlalu ringan atau bahkan terlalu berat. :/ Sebenernya kalau bahasanya berat saya masih bisa baca kok, cuma butuh waktu khusus :))

Dan diksinya kayak punyanya Prisca ini lah yang saya rasa pas buat saya :D

Oke, back to the Evergreen.

"Kau tidak sendirian. Seperti empat musim, kami tidak akan pernah meninggalkanmu. Kau tidak akan kehilangan orang yang kau sayangi kecuali kau melupakannya"

Bercerita tentang Rachel, Yuya, Fumio, Gamma, Kari dan Toshi. Seperti biasa, tentang persahabatan.  Rachel adalah seorang gadis egois dan pengeluh yang selalu menyalahkan suatu keadaan kepada orang lain, ia yang baru saja dipecat dari pekerjaannya menemukan sebuah kedai es krim berpapankan Evergreen. Disanalah dia bertemu Yuya, Fumio, Gamma, Kari juga Toshi. Dan cerita akan berlanjut.....sampai kau membacanya sendiri. Wakak! XD 

Saya nggak mau cerita banyak-banyak. Intinya Evergreen memberikan pelajaran bagi kalian-kalian yang pikirannya sempit dan selalu menyalahkan orang lain kalau sedang ada masalah. Bikin kalian harusnya lebih intospeksi sama diri sendiri. Bikin kalian harus lebih perhatian sama sahabat kalian--karena sekali kau kehilangan sahabat mungkin mereka nggak akan kembali lagi?--dan harusnya bikin kalian jadi lebih sayang sama keluarga. Dan juga...see? Jangan pernah berpikir kamu adalah orang paling menyedihkan di dunia. Buka mata, lihat sekeliling dan lihat ke bawah. Masih ada alasan buat kita bersyukur sama diri kita sendiri.

Mostly,ini emang tentang persahabatan dan kekeluargaan. 

Sesungguhnya, jenis cerita yang...akhir ceritanyanya bisa banget ditebak. Tapi toh bikin saya pengen cepet-cepet nyampe halaman terakhir juga. 

Dan jujur. Saya bisa dibikin nangis lho. Padahal juga lagi nggak mellow, gatau mungkin saya emang cengeng....  tapi nggak juga sih, saya nggak inget kapan terakhir nangis baca buku ._. Jadi, Evergreen berhasil ngerobek-robek emosi saya dengan adegan adek-kakak-nya yang owh, pasti im not the only one disini. yakanyakanyakan ngaku deh kalian haha! Siapa juga yang nggak nangis pas adegan Fumio-Toshi ujan-ujan... oke cukup :')

Nyatanya nggak cuma disitu, sampai halaman akhir-akhir mungkin saya dibuat tenang dan senyum-senyum sendiri. Tapi pas baca Epilog! Beehh, itu pas bacanya dalem hati udah bilang "Tuh kan, ketebak, tuh kan pasti akhirnya begini. Ah ketebak nih ketebak" begitu terus sampe akhir kata dan titik. 

Tapi.
Ada hal aneh setelah ini.

Saya sempet diem beberapa detik ngeliatin tulisan-tulisan itu. Terus nutup bukunya. Terus...nelungkupin muka ke guling dan nangis.

.....

Lah saya juga nggak ngertiiii..... sedihnya telat? Nggak tau dah......saya cuma mikir, walau udah tau akhirnya bakal begitu ternyata emang sedih juga bayanginnya. Ah.. best ending lah!!! baru nemu yang begini, bikin terdiam dulu...baru nangis. 

Kayaknya ini buku pertama yang bikin saya nangisnya gitu banget deh -_- usually, i cried that hard when watching movie, dorama or....someone's talent haha! :D

Which means, buku ini pake hati banget. Suka laaahhh. A nice one from Prisca Primasari. Bukunya manis, semanis sorbet stroberi bikinannya Fumio yang disukain Rachel mungkin haha! 

Can't wait to read another Prisca's novels. Kabarnya sekarang lagi proses buku selanjutnya nih, haha gilak. Lancar abis inspirasinya, good luck deh! :D



nb: OH! Mungkin agak perlu ditebelin lagi bukunya, masih ada beberapa misteri yang belum diceritakan lebih detail di Evergreen :P

1 komentar:

  1. nice post dear. btw mampir ya ke blog gue yerifa.blogspot.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...