Rabu, 07 September 2011

Éclair - Prisca Primasari

Haaaaaaaaaiii….. :D

Hari ini aku lagi mau bahas soal Éclair nih.. bukan.. bukan kue Éclair-nya tapi Éclair novel karangannya Mbak Prisca Primasari.

Yap, begini.. waktu itu aku lagi muter-muter rak-rak gramedia buat nyari buku, muter-muternya lamaaa banget nggak ada yang sreg, sebenernya daftar list buku yang  mau aku beli itu buanyak.. Cuma waktu itu duit yang lagi bawa hanya bersisa 40ribu aja.. dan judul-judul buku yang di list aku harganya pada diatas 40ribu semua -_-. Jadi..ya gitu deh, akhirnya setelah ambil, baca synopsis taruh, ambil, baca,muter, taruh bolak-balik, akhirnya keputusan aku jatuh di buku Éclair itu.. awalnya…… ragu. Ragu banget.. apalagi pas baca tulisan di covernya :

“Pagi Terakhir di Rusia”

Rusia?? Rusiaa? Nggak ngerti lah, yang saya inget dari Rusia itu tulisannya yang suka kebalik-balik (?). tapi tooh, yaa aku beli juga. Abisnya aku tertarik sama judulnyaaaa… éclair.. kue itu kan pernah dibikin Najika Kazami ke Ayahnya Pak Fujita :D (hee ngelantur). ._.
Buku tersebut harganya 36.000,- :D





Baiklaaah, besoknya aku mulai baca deh bukunya. Sempet kecewa karena diawal cerita udah di puyengin sama namanya yang ribet abis-_- dan ditambah adegan lagi nyoba baju pengantin….. dan saat itu yang ada dipikiran aku adalah: “yaaaaaaah.. ini cerita udah dewasa ya orangnya??? Mampus salah beli bukuuuu-_-”. Tapi aku nggak mau negative thinking dulu, tetep aku baca juga.. eeeh…. Akhirnya keterusan juga kok sampai tamat ahahaha.. dan akhirnya aku bisa dengan bahagia bilang “buku ini baguuuuuuuuuuuss!!” :D.

Kesan pertama dan yang paling aku suka dari buku ini adalah… diksinya!! Tata bahasanyaaa… aku suka banget.. baku tapi ngalir dan berasa kayak baca buku terjemahan.. suer deh! Iya, pokoknya aku waktu baca buku itu kayak baca buku terjemahan gitu.. mana setting tempatnya kan di luar negri semua.. (Rusia, Amerika Serikat, Perancis sama Indonesia) dan setting waktunya juga jaman tahun-tahun 90’an.. bikin cerita itu terkesan klasik.

Untuk ceritanya sendiri sih sederhana.. tentang persahabatan empat orang pemuda: Sergei, Stepanych, Kay dan Lhiver yang kemudian ketambahan satu cewek bernama Katya yang kemudian pecah (?) dan misah sendiri-sendiri, menghindar dan menjauhkan diri gitu akibat kesalah pahaman. Trus pokoknya si Katya sama Sergei ini ingin menyatukan tali persahabatan mereka lagi.

Mbak Prisca jago ngeramu plot loncat-loncatan scene dan waktunya.. ngalir dan aku nggak begitu bingung saat part flashback dan yang kejadian sekarang. Aku nggak bakal cerita banyak tentang isinya biar kalian baca sendiri aja, ahahahaha :p.

Yang jelas aku sukaaaaaaaaaaa banget sama semua tokoh disini. Aku suka si Katya cewek optimis, tegas, pandai dan cantik itu. Aku suka Sergei yang ‘KAKAK’ banget.. kakak dari segala kakak, kakak terbaik >.<, yang tegar dari semua yang tegar, paling tenang, paling kereeen. Aku suka Stepanych!! Stepan yang ceria, bersemangat.. yang nyenengin.. yang baaaaik banget. Aku suka Kay yang juga kakak yang unyuuuu. Aku suka Lhiver yang kadang terkesan dingin tapi juga bisa rapuh.

.____________.

Di buku itu banyak dijelasin tentang sejarah-sejarah gitu deh.. banyak petikan puisi inggris kayak puisinya Leo Tolstoy, Wordsworth dkk gitu deh.. sama instrument-instrument klasik punyanya Rachmaninoff gitu hehehe.

Intinya buku ini ternyata bagus banget, sederhana tapi banyak juga pengetahuan yang bisa diambil, pesan moral. Mengajarkan kita tentang persahabatan, persaudaraan dan juga perjuangan. Oke deeh. Aku sempet nangis lho waktu………… yah baca sendiri deh._.v.

Jadi, saya rekomendasikan buku ini untuk kalian insya Allah nggak bakal rugi.:D



Nb: Sergie itu businessman, Katya itu putri detektif, Stepanych itu Pattisier/Chef :3, Kay itu fotografer, Lhiver itu Sastrawan.

Sayonaraaa .____. :D

“…ia sendiri tidak ingin menampilkan air mata. Karena ia adalah kakak mereka semua, dan bila seorang kakak menangis, maka adiknya akan meraung. Itulah pendapatnya selama ini.”


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...