Sabtu, 17 Maret 2012

Seni Rupa Task 5 .__.

Hai! :D

Kalo diinget-inget postingan saya tentang tugas seni rupa ini lompat-lompat yak. hehe perasaan yang kemaren itu tugas ke-3 sekarang udah ke-5 aja hehehe. Sengaja sih, hehehhe, soalnya yang ke-4 aku nggak ada dokumentasinya (?)

Nah, sekarang mari bahas tugas seni rupa saya yang ke-5. Yaituuuu, "Melukis diatas Kaca" \(^o^)/

Iya, jadi kita disuruh gambar diatas kaca, terus ngecatnya juga diatas kaca gituu.. keren kan! B) aku dulu udah pernah sih SMP, tp media kacanya yang kecil bangeeet, nah sekarang ini media kacanya seukuran.. 60 x 50cm. w-wwaaaaw kan? *please bilang "waaw" (?)*, Alhamdulillah tugasnya kelompok bukan individu. Dalam mengerjakan tugas ini saya dibantu 6 orang lainnya yaitu : Icaak, Ridook (cewek), Ditak, Okik, Lupi dan Adli.

Dan tema lukisan kita adalaaaaah.... *TEETT TEEEET*

FLORA dan FAUNA!!! \(^o^)/

*please, tepuk tangan* (?)

Hehehehe. Langkah awal kerjanya tentu saja patungan buat beli pigora. skip ajadeh ya, intinya kita udah dapet pigoranya, dan masalahnya... siapa yang mau nggambar segitu gedenya? *tiktoktiktoktiktokteeeet* yaaah! akhirnya, si Adli sama Okik yang didukung temen-temen lain menyuruh (atau meminta tolong ya?) kepada saya untuk menggambarkan sketsanya. Bagus ya, baguuuss banget, andaikan ukuran 60 x 50 cm itu berbanding lurus dengan 3 x 4 cm (?)



Jadi ya mau nggak mau akhirnya saya menyanggupi buat bikin sketsanya. Sebelum itu tentu saja kita harus memutuskan objek apa yang harus aku gambar?, awalnya aku yang cari referensi sendiri nanya-nanya di mbah google, pokoknya aku mau cari objek yang warnanya mencolok yang ngejreng, alasannya karena ini media kaca, aku rasa kalo aku kasih warna-warna pastel yang soft akan kurang menarik. 

Lalu hati saya terpincut sama foto yang bergambar 2 burung kakak tua, aaaah itu warnanya oke banget! merah sama biru carribian *-*, setelah minta persetujuan sana-sini, eeeh ternyata harapan saya harus pupus karena ditak bilang lukisan kakak tua udah pernah dilukis kakak kelas dan sekarang dipajang di ruang OSIS. Sial-_-

Setelah mencari-cari lagi, aku mulai putus asa, banyak sih bahannya kelinci, bebek + anak-anaknya, Rusa, Ikan tapi nggak ada yang sreg akunya. Etapi tiba-tiba inspirasi datang tak diduga-duga mendadak aku kepikiran sama hewan "MERAK" dan setelah googling! Jleb! ya Allah bagus bangeeeeettt *----------------*

Keliatan banget susahnya. Serius, hey! Merak meeeenn, si burung cantik itu kan full of manik-manik--eeh bulu kaliiik--yang colourful! dan aku sendiri sebenernya nggak yakin bisa gambar itu atau nggak -u-a.Tapi nggak putus asa aku langsung minta pendapat ke yang lain, dan semua setuju! 

Eaaa, kena lu ta, jadi yakin nggak yakin saya harus mencoba menggambar Merak itu diatas kertas karton berukuran 60x50. Hebat!

Bikin sketsanya cuma 2 hari kayaknya, malem hari pertama udah kebentuk sih, tapi masih keliatan kasar aja, cuma bentuk badan dan nepatin komposisi ukuran-ukuran badan dll-nya, hari ke-2 aku yang waktu itu hehe sudah terlebih dahulu membincangkan masalah ini dengan mbak saya tercintong, menunjukkan sketsa kasar saya ke beliau, beliau tinggal nunjuk-nunjuk yang kurang, tapi waktu itu saya sempet nakal juga sih dengan bilang, "ga bisa gambarnya.." sampe akhirnya beliaulah yang membikinkan kaki meraknya huahaha XD. Pembetulan lainnya tetep aku yang bikin, Alhamdulillah bisa selesai apa adanya.

ditak mbak singkek serius~ u.u


Langkah berikutnya adalah penyalinan gambar dikarton ke kaca pake spidol, emang sih susah-susah saya gambar dikarton cuma buat dijiplak dikaca doang, semecam kecegekan primer gitu(?). Tapi nggak apa-apaaa.. saya bahagia karena waktu itu tugas saya cuma ngeliatin mereka gambar dikaca, sambil sesekali benerin terus bikin siripnya :D

Setelah sudah selesai, saatnya mengecat tapi watu kita belum punya cat jadi yaa dipending deh sampe hari jumat.

                        
                             lupi serius amat XD






Hari jumatnya semua kelompok rasanya sepakat ngerjain itu lukisan, jadi pas pulang sekolah kelas masih rame sama ana-anak yang ngerjain lukisan itu, nggak cuma itu aja ada juga anak lain yang sibuk ngerjain tugas pameran.. (?) *OOT XD

Untuk pengecatan, jujur sebenarnya kita bingung. Takut, karena kalo lihat dicontoh-contoh gambarnya gradasi warnanya itu baaaguuus banget, dan disini orang yang pandai dan berani gradasi cuma 1, Ridok! *prokprokprok, jadi dalam sesi ini kehadiran Ridok berpengaruh sekali ({})

Nggak gampang lho ngecatnya, kita nggak bisa ngecat dengan cara dua arah, maksudnya mengoles kuas ke-kanan lalu balik ke-kiri, itu akan membuat catnya jadi keliatan gak rata dari balik kaca, jadi kita harus hati-hati. Untuk pemilihan warna juga kudu jeli banget, kalo mau main gradasi-gradasi warna, pastikan cat-cat yang mau digradasi jangan sampe kering dulu diatas kaca, nanti nasibnya kayak aku :3


Gimana tuh maksudnya? gini-gini huahaha, kelompokku itu termasuk kelompok yang hobynya "mengerik" cat lukisan. Iya! ngerik. jadi masalahnya karena kita salah ngecat.. temboknya itu kita cat warna kuning banget dan awalnya emang mau digradasi, tapi sampe seluruh tembok udah kecat si ahli gradasi ridok ini ngilang gak balik-balik! Akhirnya pas dia balik catnya udah kering dan ga jadi menggradasi, terus kita pasrah-_- awalnya doang sih, karena di pengerjaan berikutnya kita bener-bener nggak puas sama warna kuningnya, jadinya kita ngerikin itu semua warna kuning pake.... kuku, kunco motor dan silet apapun deeh, karena pake tiner ga mempan broo -_______-

tuuuh yang kuning itu tuh kita keerik, banyak kaaan-_-
Kita termasuk kelompok yang kerjanya lambat lho yaiyalah orang kerjaannya ngerikin terus-_- salah, kerik kerik kerik, jadi walaupun jadwal ngecat kitalah yang paling rajin (setiap pulang sekolah lho) tapi tetep aja kita yang paling sering ngerik, total 3 kali kita ngerik. -u-

Kendala lain datang pada warna cat, kawan-kawan kalau mau ngecat dengan menggunakan pencampuran warna yang komposisinya tidak pasti, sebaiknya bikinnya langsung yang banyak yaaa!! soalnya kalau misalnya kita keabisan warna, untuk bikin campuran dengan warna yang sama dengan sebelumnya itu... susaaaaaaahhh banget-____-. hal itu terjadi waktu kita ngewarnain tembok -__-

Tapi ya begitulah, memang harus melewati rintangan-rintangan kan? dan saya bangga akhirnya lukisan itu bisa selesai :'))) bahagiaaaa banget rasanya syalalala syalalala, sebodo amat walaupun punya kelompok saya jauh lebih jelek dari yang lain yang penting+ kita harus bangga dengan apa yang kita kerjakan dan perjuangkan kan? 

beginilah wujudnya .___.

eh, punya kelompok lain bagus-bagus lho! seriusaan, aku minder banget kalo disandingin mereka maaah, punyaku bagusnya tuh kalo diliat dari juaaaauh -_-" sayang aku nggak sempet foto satu per-satu. kapan-kapan deh aku tambahin fotonya :D

Tapi teteeepp, karya kelompok sendiri harus tetap dibanggakan huahahaha :D terbukti karena setelah jadi dan difoto, aku, icak, ditak dan adli kompak pasang display picture lukisan merak kita di bbm XD, sebodo dibilang pamer juga huahahaha :p

dan kebetulan sekali Adli sedang ultah saat itu -u-


Kesimpulannya... apaya? berkarya teruslah! jangan takut bermain dengan warna B)

Bye!

#endingyanggeje

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...