Rabu, 05 Januari 2011

Jurnal JO: Online :D


Hei! Aku lagi mau.. emm, bukan meresensi novel sebenarnya.. karena aku hanya akan menyampaikan pendapat aku tentang novel itu.. (podo ae perasaan) -_- ya, terserahlah, kalian menganggapnya apa.. (tapi ini lebih ke.. Jo dan aku (?))
Nah! Begini ceritanya. Setelah bertahun-tahun saya udah nggak pernah baca novel teenlit, akhirnya kemarin saya membaca novel teenlit lagi! (Y) (fyi saya emang gak terlalu suka baca novel) *gak tanyaa* _-_
Judulnya ya, itu, “Jurnal Jo:Online”, ini sekuel dari novel yang dulu juga aku baca.. “Jurnal Jo” karya Ken Terate (ada yang tau?). Menceritakan tentang kehidupan remaja cewek bernama Josephine Wilisgiri, yang orang tuanya merupakan Guru Bahasa Jawa (Ayah) dan Bahasa Inggris (Mama), makanya namanya jadi campuran bule-jawa gitu. Orang manggil orang tuanya aja Ayah-Mama.. XD.
Dia baru aja jadi murid SMP, dan di novel pertama (yang kedua juga, sih) itu nyeritain kehidupan persahabatan, dan pengembangan diri dia. Mulai dari perubahan fisik yang dia alami dan sampai pengetahuan-pengetahuan yang sama sekali belum dia ketahui (ex: Internet).
Disini aku mau bahas si-Jo nya.. sang tokoh utama. Kalo’ kata temen aku sih, “Aku gak suka ama si-Jo! Kampungan..” *Peace mbak Ken! Gak bermaksud menjelek-jelekkan karya mbak kok.. ._.V* Tapi itu kan kata temen aku! Semua punya pendapat masing-masing kan.. walaupun aku juga mengakui bahwa si-Jo ini rada’ kampungan, (sebenernya bukan kampungan.. dia wawasan kurang, dan emang gak gaul). Tapiii, dia ini anak yang cerdas. Kalo’ dia nemu kata-kata yang nggak dia mengerti langsung cari di kamus atau mbah google.. dan lagi, dia jadi diri sendiri gak mau ngikutin yang lain (walau kadang suka iri dan gampang ngeluh, karena dia gak punya HP kaya’ temen-temennya) :p.
Tapii.. ada yang aku suka dari sifatnya Jo.. ada yang ‘Aku’ banget. Kaya’ contohnya, Jo jadi korban “Demokrasi”, haha.. tanpa persetujuan dia.. dia dipilih oleh semua anak sekelas buat jadi ketua II dalam sebuah kegiatan kelas! J, padahal dia sudah berteriak tidak mau.. tapi tetep aja kalah suara ama yang lain! :D
Trus, dia juga bakal serius mengurus sesuatu, kalo’ udah dikasih tanggung jawab. Dia bisa jadi tegas kalo’ nggak ada yang ngehargain dia waktu rapat.. (kaya’ adegan dia nggebrak meja.. u,u)
Dia juga.. kakak yang egois sama adiknya! Haha, dia selalu rebutan komputer ama adiknya.
Dia gak alay, kaya’ temen-temennya.
Dan, dia hebat. Dia jadi sekretaris di klub sastra di sekolahnya (pengeenn) jadi, di sekolah dia ada klub sastra. Tugas Jo adalah baca-baca buku diperpustakaan.. dan membuat resensinya di blog klub sastra.. keren, kan!
Dia itu lugu. Tapi, lugunya itu dia simpen dalam hati.. dan segala pemikiran konyol dan tebakan dia buat seseuatu yang nggak dia tahu itu malah bikin novel itu jadi humor! Hihihi.. kadang suka ngakak sendiri.. kadang njuga geleng-geleng sendiri.. (masa’ dia nggak tahu ‘keperawanan’ itu apa? Bahkan dia tidak yakin, dia punya ‘keperawanan’ atau nggak.. dia Cuma liat dijudul koran, dan dia pikir itu adalah sesuatu yang mahal banget -_-)
Ya, tapi itulah, Jo.. cewek yang katanya nggak bakal temenan ama ‘Sally’ lagi, tapi pada akhirnya prinsipnya cepet runtuh. Cewek yang sebel ama kedua orang tuanya yang super irit dan gaptek. Jo yang gak suka sekolah disekolah tempat ‘Ayahnya sendiri’ mengajar, bahkan pelajaran bahasa jawa yang bisa bikin sebagian murid mengantuk.
Hidup Jo, juga sempet bikin penasaran lho, ada temen YM dia yang memakai nama ‘Lonely Girl’. Bahkan dia tahu segala sesuatu tentang Jo. Ada juga sikap Rajiv yang terlalu buaik banget ama Jo. Dan gimana kelanjutan hubungan mereka? :p

Dan yang bikin seneng baca Jurnal Jo itu ya itu tadi, deskripsi cerita yang ditulis sesuai keluguan si-Jo, yang malah bikin.. uh! geregetan ya, ngakak, ya.. heran. jadi bacaan ini super-ringan banget!, salut deh, buat ke'luguan mbak Ken-eh-Jo! :p
Jadi, Novel itu bener-bener mengobati rasa jenuh saya kemarin! Hahaha... Kalo’ kalian pengen tau ceritanya, silahkan beli di toko buku terdekat, atau pinjam temen yang punya (Kaya’ saya pinjem temen XD).
Dan, buat mbak Ken Terate yang (mungkin) gak tau tiba-tiba kesurupan ngubek-ubek mbah gugel trus nemu postingan geje ini.. saya mau request! bikin sekuel Jurnal Jo lagiiI!!! buat dia makin pandai!! tapi tetap alami dan 'Jo' bangett!! XD
Oke, selesai. Apa? Gak penting? Gak jelas? Jangan timpuk sayaaa!!! *menghilang dengan bubuk ajaib* Cling!
ps: Hei, ingat.. ini bukan resensi! cuma.. ya, apa ya? gatau juga -_- jadi jangan pada protes! :p
*menghilang lagi* CLING

1 komentar:

  1. Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...